Jakarta – Layanan streaming Spotify mengumumkan memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan per 31 Maret 2023.
Spotify mengatakan dalam laporan Q1 2023 bahwa ia telah memiliki tepat 515 juta pengguna selama periode tersebut, naik 22% dari tahun lalu dan 5% dari kuartal terakhir.
Perusahaan mengatakan aplikasi streaming musik memiliki lebih dari yang diharapkan 15 juta pengguna.
Situs web resmi juga menyatakan bahwa pertumbuhan pengguna didorong oleh pasar yang terus berkembang dan berkembang serta pengguna dari segala usia.
Seperti dilansir KPP621 Kamis (27 April 2023), hasil ini mewakili pertumbuhan pengguna terbesar kedua dalam sejarah layanan tersebut.
Sementara itu, pelanggan premium atau berbayar mencatat 210 juta, naik 15% dari tahun sebelumnya, dengan Eropa dan Amerika Latin menunjukkan pertumbuhan terbesar.
Namun, layanan streaming tersebut masih membukukan kerugian operasional bersih sebesar €156 juta pada kuartal tersebut.
Mengutip Engadget, ini jauh lebih besar dari kerugian €6 juta yang terjadi pada kuartal pertama tahun 2022, tetapi lebih baik dari kerugian Spotify sebesar €270 pada kuartal sebelumnya.
Laporan jumlah pengguna Spotify terbaru ini mengikuti beberapa pemotongan terbaru perusahaan.
Pada akhir Januari 2023, Spotify mengumumkan akan memberhentikan 6% tenaga kerja globalnya, yang diperkirakan memengaruhi sekitar 600 karyawan.
Spotify juga mengumumkan penutupan beberapa proyek sampingan, termasuk Spotify Live, seperti Clubhouse, dan Heardle, sebuah permainan musik bergaya Wordle.
Menurut Daniel Eck dalam laporan pendapatan terbarunya, prioritas utama Spotify untuk tahun 2023 adalah “kecepatan dan efisiensi”.
Sebelumnya, juru bicara perusahaan Gael Gaviola Moro mengonfirmasi dalam pernyataan yang diterima The Verge pada Selasa (4 April 2023) bahwa Spotify akan segera menghentikan pemutaran aplikasi Spotify Live.
Menurutnya, Spotify Live tidak memungkinkan untuk terus eksis sebagai aplikasi mandiri.
Sementara itu, Spotify telah menyatakan akan terus menawarkan fitur live audio terbatas seperti Listening Party di aplikasi Spotify utamanya. Fitur ini memungkinkan penggemar berat untuk terhubung dengan artis favorit mereka di ruang virtual.
“Sementara Spotify Live benar-benar ditutup, kami akan terus berinvestasi, berinovasi, dan bereksperimen dengan format baru untuk kreator dan pendengar di seluruh dunia,” kata Gaviola Moreau.
Gaviola menambahkan, Spotify memantau penggunaan berbagai fitur aplikasi yang akan terus dikembangkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.
Dia melanjutkan, “Kami telah mengkonfirmasi hasil positif melalui penggunaan pesta mendengarkan yang berpusat pada artis, dan kami akan terus mengeksplorasi untuk mempromosikan interaksi langsung antara artis dan penggemar.”
Sedangkan di Indonesia, Rem Lud, penyanyi berusia 28 tahun asal Wakatobi di Sulawesi Tenggara, memecahkan rekor tahun 2023 dengan lagunya Komang.
Bernyanyi tentang cinta Rim Lord kepada sang istri, lagu tersebut menjadi lagu paling banyak diputar selama 24 jam di Spotify Indonesia pada 3 April 2023.
Lagu baru ini mengungguli rilisan sebelumnya seperti Tulus’s Hati-hati di Jalan dan Joji’s Glimpse of Us.
Dalam keterangan resmi yang diterima Spotify pada Jumat, 4 Juli 2023 (4 Juli 2023), Rim Road mengungkapkan kebahagiaannya.
Dia berkata, “Saya senang lagu ini mendapat respon yang baik dari pendengar. Saya tidak menyangka lagu ini akan begitu tersebar luas ketika keluar pada Agustus 2022.”
“Pencapaian ini membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil. Ini memperkuat keyakinan saya bahwa mimpi terkadang menjadi kenyataan saat Anda tidak menduganya,” kata Reem Laud.
Sebagai referensi, Komang masuk chart Spotify Indonesia Top 50 pada 16 Februari 2023 dan menduduki peringkat ke-22. Komang naik ke nomor dua pada minggu berikutnya.
Belum lama ini, pada 2 Maret 2023, lagu Komang berhasil masuk 5 besar di Indonesia selama 4 minggu berturut-turut.
Selain itu, lagu viral Komang memecahkan rekor streaming terbanyak dalam satu hari di antara semua lagu di Spotify Indonesia.
Komang mengalahkan Tulus’s Be Careful on the Road dan Mahalini’s Shit dengan lebih dari 2 juta streaming.
(duo/esc)